Jumat, 28 Januari 2011

Karakter dan Kecocokan :)

 

Orang itu memiliki KARAKTER yang berbeda-beda. Kita takkan bisa bersatu dengan seseorang , kalau tidak ada KECOCOKAN.
Orang itu bermacam-macam, ada manja , cengeng , pemarah , suka pamer , pelupa , lemot , bocor , penipu , sok tahu , mudah iri , pesimis , pintar, baik, suka menolong, jujur , cuek, tukang ngambek dan lain-lain...

Kecocokan itu bisa di dapat dengan cara :
1. Pengertian
2. Banyak Kesamaan
3. Nyambung

Mau dalam hubungan pacaran , persahabatan , kekeluargaan , lingkungan masyarakat . Semuanya hanya butuh pemahaman , telinga yang mau mendengarkan teguran , kritikan , berjiwa yang besar .

dari 3 poin itu, yang paling UTAMA adalah PENGERTIAN .

karena gimanapun, sesama apapun antara manusia satu dengan yang lainnya, pasti tetap ada letak PERBEDAAN.
Perbedaan itu hanya bisa dikalahkan dengan PENGERTIAN yang besar.
bukan dengan KEEGOISAN .
Ego adalah penghancur kehidupan manusia .

Janganlah bawa rasa EGO kalau kalian ingin bertahan lama dalam sebuah HUBUNGAN.
Kalau masih bisanya DIPERTAHANKAN, kenapa dilepaskan begitu saja ?

Kalo Dia manja, tukang ngambek, harus kau bersikap Dewasa. tapi keterlaluan manja, bisa ditegur kok. namun, kalau masih tetap juga... dan kau tak bisa menerima, ya mau dibilang apa..

kecuali kalo memang sama sekali sudah tidak ada kecocokan. Kedua sifat memang saling bertolak belakang , pemikiran tidak lagi menyambung , sudah dicoba berbagai cara untuk disatukan tetapi emang udah saling menolak. Mau dikatakan apalagi ?

contoh : Seorang kesal dengan sahabat / pacarnya

1. "Ah, **** lah sama dia ! macam betul aja ku tengok dia!! Gak mati kok aku tanpa dia!! bukan dia yang kasih aku makan !!!".
2. "Ah , bodo amat !! dia aja cuek !! apalagi aku !! dikiranya, dia aja yang bisa begitu !!".
3. "Hancur, hancurlah semua.. gak peduli lagi aku.. lossss!!".

Hei, mari kita lihat . Wajarkah kau berkata seperti itu, padahal kalian sudah bersahabat , berhubungan? apalagi sudah terjalin lama ?? hanya karena dia melakukan suatu kesalahan yang mungkin bisa saja tanpa ia sengaja , kita sudah mengatakan seperti itu.
JANGAN bawa EGO dan emosi sesaatmu. Pikirkan kembali perkataanmu, manusia tidak ada yang SEMPURNA . Sekalipun dia SAHABAT TERDEKAT mu. PACAR paling Kau cintai... yang kau kira ia telah mengenal karaktermu. Sehingga kau marah sama dia, karena melakukan hal yang tak kau suka tanpa sengaja yang menyakitkan perasaanmu.

Sedekat apapun kita dengan seseorang, yang kita pikir bahwa dia atau mereka telah mengenal kita luar dan dalam.. Sebenarnya kita tak sedekat apa yang kita pikirkan. Karena yang hanya benar-benar mengenal karaktermu adalah TUHAN. Karena DIA yang menciptakan dirimu.

Jangan mudah marah pada seseorang yang kau sayang. Karena kalau kau mudah MARAH padanya, berarti kau tak benar-benar menyanyanginya. Buktikan sendiri, mampukah seorang Ibu membenci anaknya sendiri, sejahat apapun hal yang dilakukan anaknya, pada dirinya ??
itulah bukti cinta dan sayang yang TULUS dari manusia. apalagi Cinta TUHAN kepada anak-anak-Nya ? sungguh tak berbatas !

Itulah sebabnya.. jangan TERLALU cepat menganggap seseorang itu SAHABAT lah , Kekasih tercintalah... karena jika kau benar-benar MENGASIHI seseorang, kau takkan membalas semua perbuatannya padamu. Wajarlah kalau kita kecewa juga, karena ada pepatah mengatakan ;

"Orang-orang yang sebenarnya sering menyakiti hatimu, adalah orang-orang yang kau sayangi...".

Kenapa ? Karena kita memberinya KEPERCAYAAN yang besar ! Perhatian, kepedulian yang besaar...
lalu dia mungkin tak memperdulikan terhadap apa yang kita berikan, yang kita tunjukkan... atau malah menginjak-injak balik kita.... akhirnya kita merasa begitu kecewa dan ujungnya menjadi kekecewaan yang mendalam berakhir sakit hati dan menjadi Benci.

Tapi... jika memang sesuatu itu masih mungkin dipertahankan, perjuangkanlah. Jangan dibuang begitu saja. Kaji kembali, apa memang sudah tidak ada kecocokan lagi ? emang pisahkah jalan terbaik ? pikirkan baik dan buruknya buat ke depan..
Jangan karena ada masalah sedikit , langsung gak cocokan dan gak mau cakapan lagi.
Sahabat yang tadinya kalian begitu akrab , hubungan pacaran yang tadinya begitu romantis, pecah berantakan karena Ego dan amarah sesaat.

Atau bukan dirimu yang bermasalah dengan orang tersebut, mungkin sedang dimusuhi salah satu sahabatmu juga. Kaulah yang mendamaikan mereka, jangan biarkan semuanya hancur begitu saja. padahal kau tahu, apa yang dapat kau lakukan untuk mereka yang bertikai.

Kalau memang sahabat/ pacarmu itu sudah kau kenal cukup atau sudah lama, otomatis kau sudah cukup mengerti dong tentang dia ? berpikir bijaklah.... belajar mengalahlah, kalau memang harus mengalah untuk tipikal karakternya dia. Sebegitu susahkah bagimu MENGALAH ?

Aku pernah dengar khotbah seorang pendeta ,
 "Orang yang gampang sakit hati, biasanya adalah orang-orang yang Tinggi Hati... dan sebaliknya...".
Kalau dia orang yang rendah hati, pasti dia tak mau melebar-lebarkan masalah... semua dibawa dengan hati yang ringan, mudah memaafkan... selama orang yang bersangkutan bisa diajak berbicara bertukar pikiran, kenapa enggak ?

KECUALI : kau orangnya mungkin TRAUMATIS ya. mungkin masa lalumu, pernah bertemu dengan karakter seperti dia, yang menyakiti hatimu.. (pastinya sudah bisa menebak, akan terjadi apa jika dilanjutkan ke depannya...) :)

Seperti persahabatanku dengan C-03 sekarang. Sudah berantakan... semuanya pada egois masing-masing. yang satu harus dibujuk-bujuk, yang satu terlalu sensitif , yang satu terlalu terbuka , yang satu egoisme tinggi... semuanya campur aduk jadi satu.
Yang tadinya kami ber-enam. Sekarang tinggal Lima . eh.. entahlah yang Lima ini juga bakal pisah deh. Mungkin tinggal empat.. empat jadi tiga...

adalah yang karena sifat bertabrakan, adanya cinta dalam persahabatan... susaah...! Capek kali loh yang mengalah ini. Terlalu mengalah, dipijak juga awak.. tapi gak mengalah, hancur ini semuanya.

"Ya Tuhan Yesus, berkatilah persahabatan kami ini. Aku mengundang-Mu Bapa untuk hadir di tengah-tengah kami. Biarlah tercipta saling pengertian, pemahaman diantara kami yang tertinggal ini... Aku sayang mereka , Tuhan .... sangat sayang...."

Aku mohon sama kalian, kitalah yang harus bekerja untuk tetap menyatukan persahabatan kita ini. Hanya KITA. orang lain tidaklah bisa.....
Kalian udah seperti sodara kandungku... kita juga dikenal kompak di kampus.. kemana-mana bersama, masa karena sesuatu hal yang tak begitu perlu dibesar-besarkan kita harus PECAH ??
Gak lucu kali lah wee... yang biasanya bersama, akhirnya terpencar kemana-mana.. sinis-sinisan.. Ago amaaangg, gak terbayangkan akulah.
Baik buruknya kita, udah saling mengenal... Kalau aku tetap mempertahankan persahabatan ini, karena aku memang sayang sama kalian. Apapun yang masih bisa kupertahankan, selamanya ku pegang.
Hingga akhirnya tinggal beberapa orang pun, tapi aku tahu... aku tahu siapa yang Setia dengan persahabatannya.

1 komentar:

  1. laaaafffeettt sama kau.......
    sellloww ja lh cra ngomng mu...


    taaaauuu kaauu laafetttt kann??????????????????????????????????????????????????

    org egois...(bagansiapiapi)

    BalasHapus