Senin, 04 Juni 2012

Cara Bahagia dalam mencintai :)


Mau BAHAGIA dalam mencintai orang lain?


1.Di doakan
Ini harus dan wajib! Kita harus konsultasi ke Tuhan dulu baru lanjut mau memilih siapa. Tanpa penyertaan Tuhan kita pasti gagal dan nggak akan bahagia :). Kita bisa kok mendoakan dan meminta beberapa kriteria sama Tuhan meskipun Tuhan sudah tahu apa yang kita butuhkan. Misalnya kalau aku, aku meminta seseorang yang mengasihi Tuhan lebih dari apapun, mengasihiku, keluargaku dan sepadan denganku. Kalau ditambah lagi embelnya bisa panjang! hahaha, mau bule lah, cakeplah, dll. Nah, setelah kita doakan secara umum kita mulai deh jeli melihat ke sekitar. Tuhan pasti kirim beberapa orang yang sesuai dengan kriteria kita. itu PASTI! dan memilihnya itu di tangan kita sendiri :) Tuhan yang menyediakan. Kalau udah ketemu beberapa yang pas, bawa doa lagi minta Tuhan sisihkan yang paling pas dan kita nyaman sama dia. Terakhir, kalau udah dapat yang benar-benar "klik" baru mulai di doakan secara khusus.

2. Jangan muluk-muluk.
    Usahakan untuk tidak pernah mencintai orang yang sudah tahu berbeda jauh dengan kita. Lain cerita kalau dia juga cinta, gpp! Bagus banget! Nah, tapi kalau nggak, gimana??? Itu sama seperti si pungguk yang merindukan bulan. Cintailah orang yang SEPADAN=SAMA dengan kita sehingga kita pun tidak merasa minder saat jalan dengannya atau bakal jadi bahan pertengkaran terus.  Aku dulu pernah suka sama seseorang yang memang CAKEP maximal, orang chinese. Dia dikenalin sama temanku. Buset, ntah kenapa aku selalu merasa kayak kutu asal jalan sama dia. Pandangan orang itu loh, gak enak banget. Aku juga pernah pasang foto berdua sama dia, masa orang-orang pada bilang, "ITU EDITAN KAN, HEL?".  ADUH! YA AMPUN!! waktu membacanya aku merasa semua daging dan organ tubuhku meleleh dan tinggal tengkoraknya saja.

Contoh lainnya : aku punya teman kampus yang cantik banget, namanya MM. Dari SMA dia udah pacaran dengan satu cowok inisial T dan si T ini CEMBURUAN serta POSESIF abis! (perbedaan mereka nggak begitu kontras banget memang) MM ini sampai muak terkadang. Terus si T ini pernah sharing sama aku dan tanyain gimana aja kehidupan si MM ini di kampus, aku juga sampai ngejlimet balas chatnya. aku bilang aja "Kamu takut dia berpaling atau banyak yang godain? MM mah jangan ditanya, artisnya stambuk kita. Kamu tanggung resiko dong kalau punya pacar cantik. Udah cantik, calon dokter pula". Dia cuma ketawa cengegesan. ~ Lihat kan? jadi bahan berantam terus karena si T ini minder. Takut kalah saing terus ditinggalin deh.
    Firman Tuhan pun sudah berkata seperti itu. Dia akan memberikan orang yang sepadan dengan kita baik dalam fisik maupun Iman. Kalau kita cuma mahasiswa D3 dan kita berharap dapat seorang S3, kan sudah jauh sekali? Cuma buat sakit, tau! tapi lain cerita lagi kalau TUHAN tulis ceritanya beda, pasti jadi kok gimana pun. (yang mengalami pas baca ini pasti sedikit tersenyum:). Ingat, kalau seseorang yang kita tahu diatas kita bisa tulus menerima kita, dialah yang sebenarnya memiliki ketulusan itu bukan kita. kenapa? jelaslah, kita suka sama dia kan pertama karena fisiknya, materi atau jabatannya dulu.

Tuh kan? bukan gimana nggak sepadan itu susah. kasian si cowok jadi omongan orang terus.
     Lihat film-film Korea tuh eh Indonesia juga banyak deng. Misalnya: CS (Cleaning Service) bisa pacaran dengan Direktur utamanya dan buat semua orang terheran-heran. "Kok bisa ya??". kesannya kayak sadis banget kan? Kalau orang bilang "jelek" (aku sih menyebutnya kurang gizi atau dandan aja, karena ciptaan Tuhan semua indah) jadian sama seseorang yang "wah" pasti orang langsung berpikir, "Kok bisa ya? Ini pasti si boneng ntuh nyantet atau melet! Mendingan aku aja yang jadian sama tuh cewek daripada dia!". atau kalau dia baik hatinya, dia mungkin ngomong, "Mungkin si laki-lakinya baik banget. Buat apa ganteng tapi nggak bermoral dan kasih?".
Emang orang yang wajahnya kurang beruntung tidak layak dapatin yang lebih baik? Cerita kartun Beauty and the Beast itu salah satu cerita yang pesan moralnya bagus sekali. Masalahnya, cerita gitu kebanyakan di SINETRON dan KARTUN. Balik lagi ke realita, usahakanlah mencintai yang sepadan sama kita. Jadi tidak ada saling rendah diri ketika jalan bersama a.k.a Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah dan kita nggak mungkin aja kan kaki kiri pakai sandal crocs dan sebelahnya lagi sendal swallow?

    Mungkin kamu komentar, "Kalau begitu ya saya tidak akan berkembang dong! masa dari 7 keturunan sebelumnya gitu, sampai 7 turunan tetap gini lagi??". Aku jawab dari kitab Amsal, "Masa depanmu sungguh ada dan harapanmu tidak akan hilang". Tuhanlah yang memeliharamu sampai anak-cucumu. Masa depan (ex:keturunan cakep, finansial, dll) bukan ditangan calon pasangan kita tapi di TUHAN dan usaha kita sendiri :)

3. Kalau cinta, ungkapkan.
 
    Memendam perasaan tidak akan pernah membuatmu bahagia. Sekali lagi, TIDAK AKAN! Bahkan banyak film salah satunya si pocongg itu arwahnya mati penasaran karena tidak terungkap juga perasaan dia. (ini contoh, aku Kristen jadi aku tidak percaya arwah penasarannya) Kalau ada orang bilang, “Aku bahagia meski tidak memiliki dia”. Oke, ini orang pasti tulus banget cara mencintainya. Masalahnya, sudah dikasih tahu dulu nggak sama si target? Percayalah…. setidak mungkin apapun perbedaan yang kita rasain, kita nggak akan pernah tahu arti atau rasa dari sesuatu itu tanpa mengalaminya dahulu. Siapa tahu dia juga cinta, man! Gas terus! jangan telat, keburu disanding orang ntar. Tapi sebelum ungkapin, kamu harus pastikan dulu hubungan kalian sudah saling kenal. Jangan udah lama memendam, nggak pernah sapaan atau teguran langsung main tembak. it's silly act. 
    Kalau aku sih orangnya kalau memang udah sayang sama orang, yah di ungkapin saja. Bukan menembak ya. UNGKAPIN doang. Biar dia tahu saja dan yaudalah. Buat apa di pendam lama-lama toh juga pada akhirnya nggak bisa dimiliki :). Aku belajar, 4 tahun aku pernah memendam perasaan dan hanya berani mengamati dari jauh, itu sakit ---selalulah jujur kalau memang kita sayang sama seseorang dan nggak usah sok gengsi hahaha.
   Kisah kayak gini itu banyak banget karena dia sudah merasa rendah diri duluan, seperti film Something Borrowed Si Rachel White-nya malah kasih cowok impiannya itu pada sahabatnya sendiri yang Rachel tahu jauh lebih cantik dan cerdas darinya padahal si Cowoknya ini (Dax Thaler) cintanya sama Rachel. Jadinya menyesal.

Nah, sudah diungkapkan tapi ditolak? lakukan ini...
4. Lepaskan orang yang tidak mencintaimu
   Kalau cinta bertepuk sebelah tangan, bijaklah untuk melepaskan dia. Gimana pun yang namanya gayung tak bersambut nggak ada guna dipertahankan. Sama dgn nyilet-nyilet dada sendiri. Kalau sudah tahu dia tidak cinta kenapa memaksa diri untuk tetep bertahan? Sama dengan memeluk pohon kaktus erat-erat. Terus apa kamu pikir dia bakal berubah hati/ luluh, gitu? Iya, bisa saja tapi dia bakal terima kamu dengan alasan :
                                              1. DICOBA
                                              2. KASIHAN 
                                              3. DIMANFAATIN
kamu mau jadi bahan percobaan, dikasihani bahkan dimanfaatin?? kayak fakir cinta aja padahal kamu tulus banget sama dia. Kamu pantas untuk orang yang lebih baik. TUHAN sayang banget sama kamu, makanya cinta kamu itu disiapkan for the right man at the right time! :) -- tenang, Jodoh di tangan Tuhan masih berlaku kok sampai detik ini. hahaha.
    Cinta itu nggak ada kata percobaan atau mengasihani; yang ada itu cinta karena terbiasa karena udah sering banget sama-sama. (Ex: sahabatan) dan harus inget satu, kamu nggak bisa memaksa orang mencintai kamu meskipun cintamu itu sedalam-dalamnya lautan pasifik. Yang bisa kamu lakukan adalah tetap mencintai dia walau tahu tidak akan terbalas. #ambil tissue

    Inti dari semua, kalau cinta ya kamu ungkapin saja. USAHA dan BUKTIKAN! tapi kalau sudah ditolak ya sudah, lupakan dan cari yang lain! Si mantan target mungkin akan berpikir, "Ini anak playboy/girl juga. Kemarin bilang cinta sama aku sekarang udah ada aja tebengan yang lain". 
Guys, nggak perlu dipikirin. Itu bukti kalau dia baru sadar 'kehilangan' satu penggemarnya. Ntar kalau dia merasa kehilangan sekali, DIA YANG AKAN CARI KAMU dan sadar bahwa kamu orang yang tulus mencintai dia. #joget
   Sekarang mungkin kamu akan bilang, "Ah, hel lo mah bacot doang. lo pikir mudah?!". Aku  menjawab, "Kalau mencintai itu hal yang mudah semua orang sudah bahagia tanpa terluka". Cinta itu memang buta tapi orang buta belum tentu bodoh, kan? justru organ tubuh lainnya jadi lebih peka. Kan kamu masih punya akal budi dan pikiran, gunakan.
Mencintai itu sepaket dengan airmata dan bahagia. Kamu nggak bisa rasain cinta dan bahagianya saja tanpa rasain airmata jatuh karena tersakiti.
rachelsitumorang©copyright.mac.2012.chelzcoentertaiment.UDD

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar