Senin, 06 Agustus 2012

Tuhan tidak meminta lebih :)

TUHAN tidak pernah meminta lebih sekalipun kita paling suka meminta hal-hal yang berlebihan. "Tuhan makasih mobil toyota all new avanzanya, maunya tambah satu lagi ya... mercy". itu contoh. sekali lagi contoh bukan perkataanku. Ada juga mungkin dia sudah lama mendoakan seorang pasangan tak berapa lama kemudian Tuhan kasih, "Tuhan terima kasih. Dia baik, cakep dan rajin ibadah tapi Tuhan dia kurang tinggi. Udah gitu gendut lagi". Kan betul?? Itu baru sedikit dari berjuta-juta kalimat ---> "Makasih Tuhan........ TAPI....". :) walaupun begitu, TUHAN tetap tidak membalasnya. 

TUHAN tidak meminta kesuksesanmu, uangmu, kelebihanmu atau apapun. Dia tidak pernah meminta hal-hal yang tidak ada padamu APALAGI yang tidak kamu mampu! TUHAN tahu banget siapa kamu :) karena itu Dia hanya meminta apa yang ada padamu. Apapun itu, mau talenta sekecil apapun, kelemahan, sakit, hati yang patah, pekerjaan yang berantakan, iPad, handphone, laptop, uang apapun itu. TUHAN bisa pakai itu semua untuk kemuliaanNya dan kamu pun bahagia.

     Lihat kisah Musa saat dia diutus TUHAN untuk memimpin umatNya Israel keluar dari mesir:
 TUHAN berfirman kepadanya: "Apakah yang di tanganmu itu?" Jawab Musa: "Tongkat."(Keluaran 4:2)

Hanya dengan sebuah tongkat yang diserahkan sama Tuhan, Musa dapat memimpin ribuaan umat Tuhan keluar dari perbudakan di Mesir. Apakah Musa pernah berpikir bahwa tongkat yang dipakainya sehari-hari untuk menggembalakan domba dan kambingnya, tongkat yang biasa dimainin sama anak-anaknya jadi mainan sapu harry potter dapat dipakai TUHAN menjadi tongkat ajaib? Tongkat yang Tuhan minta diacungkan di atas air, maka air laut terbelah dua sampai dasarnya kelihatan, tongkat yang diangkat tinggi-tinggi mendatangkan kemenangan bagi Israel ketika berperang, tongkat yang diketukkan ke batu, air dapat keluar dan masih banyak lagi. Bukan tongkatnya yang hebat tapi Kuasa dibalik tongkat itu, Yesus memang Spektakuler!!

 Lalu lihat lagi kisah seorang anak kecil yang menyerahkan apa yang ada padanya untuk TUHAN :

   "Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini? (Yohanes 6:9)
Pernahkan anak kecil yang imut ini berpikir bahwa bekal pagi yang biasa dimakan sebagai sarapan di sekolahnya itu dapat dipakai TUHAN untuk memberi makan 5 ribu laki-laki belum termasuk perempuan dan anak-anak? bahkan sisa 12 bakul! Yesus memang Spektakuler. Ini masih dua dari berjuta-juta keajaiban TUHAN :). 

Jadi, apapun kelemahan dan kelebihan yang kita punya... serahkan saja sama Yesus. Kamu punya cuma? Kalau kita cuma bisa alat musik dengan skill standart, kita tetap bisa nyanyi lagu puji-pujian untukNya di sekolah minggu atau di rumah.Terserah mau cuma bisa tiup recorder, harmonika tepuk-tepuk aqua kosong atau ketuk-ketuk botol kosong Tuhan bisa pakai itu menjadi musik indah. Ingat peniup dengan si peniup saxo dari sebuah sisir dan plastik doang? Itu membuatnya sampai ke mancanegara!
Cuma bisa ciptain lagu? ciptakan lirik-lirik indah untuk Tuhan. Lihat si pemazmur, Daud :)
Cuma bisa melukis atau ilustrasi art? pakai untuk melukiskan ayat alkitab yang memberkati orang lain.
Cuma bisa masak? Buka warung dan masaklah makanan-makanan yang baik dan enak. 
Cuma punya telinga yang suka dengar 'curhat'? Jadilah konselor yang baik dan seorang pendoa.
Cuma bisa menyendiri? pergi ke menara doa dan jadilah intersesor.
Cuma bisa buat anak kecil senang? Jadi guru sekolah minggu, guru TK, buka penitipan anak, pantai asuhan atau pembimbing anak-anak kecil agar mengerti firman Tuhan.
Cuma bisa habisin uang? ganti alurnya, habiskan uang untuk membaginya kepada orang yang tidak mampu atau fakir miskin, pada janda-janda dan orang asing.
Cuma bisa menyanyi? bernyanyilah selalu untuk Tuhan. Biarlah mulutmu selalu penuh pujian.
Cuma pintar ngomong? bekali dirimu dengan firman Tuhan dan pakailah menjadi WL di gereja atau penginjil
Cuma bisa menari? menarilah untuk Tuhan dalam kegiatan-kegiatan gereja.
Cuma bisa bersantai-santai? ganti alurnya, pakai menjadi bersantai dengan Tuhan di dalam hadiratNya (doa atau kegiatan gereja)
Cuma bisa fotografer? foto hal-hal yang dapat memberkati orang lain. kamu bisa foto kehidupan orang-orang yang tidak mampu dan publish untuk  di doakan atau diberi bantuan. Foto alam-alam ciptaan Tuhan, dll.
Cuma bisa menulis? pakai tulisan-tulisanmu untuk memberkati Tuhan dan orang lain. Mau puisi, novel, quotes atau apapun.
Cuma progammer? pakai karyamu untuk memuliakan Tuhan dan memberkati orang lain melalui program-program yang kamu buat.
Cuma punya rumah yang kecil? pakai untuk mengundang beberapa orang miskin setiap minggu untuk diajak makan bersama
Cuma punya mobil? pakai untuk memberi tumpangan kpd orang asing yang membutuhkan
Cuma punya otak? pakai ilmu pengetahuanmu utk memuliakan nama Tuhan dengan menelitinya dan menyesuaikannya dengan firmanNya.
Ayo cuma apalagi?
Lalu gimana dengan hati yang hancur? pekerjaan yang selalu tidak beres, masalah-masalah, sakit yang tak kunjung sembuh, perkuliahan yang salah jurusan, keluarga yang berantakan, dll ? TETAP SERAHKAN pada TUHAN. Dia akan mengubah kutuk jadi berkat. 
Hati yang hancur akan Tuhan perbaiki dan membuatnya mengerti kasih sejati. Dia takkan melukai orang lain karena ia tahu dilukai itu sakit. Ia akan selalu belajar mengasihi siapapun.
Orang yang pekerjaannya tidak beres akan Tuhan ubah menjadi seorang pekerja yang rajin dan disenangi oleh orang sekelilingnya, Tuhan akan membuatnya mengerti waktu yang selalu dibuangnya sia-sia.
Sakit yang kunjung sembuh akan Tuhan ubah menjadi kesaksian yang hidup bagi banyak orang. Orang akan memuliakan Tuhan dan membuat yang sakit mengerti bahwa sakitnya Tuhan pakai untuk menjadi berkat.  Dia akan lebih menjaga kesehatannya dan hidup untuk Tuhan
Masalah-masalah berat akan Tuhan ubah menjadi inspirasi bagi orang lain. Orang yang bermasalah akan diubah menjadi orang yang memotivasi orang banyak agar tidak mudah down dan tetap survive bahwa TUHAN masih ADA.
Begitu juga hal-hal lainnya :)

Apapun itu semua bentuknya serahkan sama Tuhan maka TUHAN akan membuatnya extra double. Jangan jadi seperti orang yang dikutuk tuannya karena menanam 1 talenta yang dipercayakan padanya atau pun jadi orang yang menghilang dari dunia karena merasa hidupnya tak berguna sama sekali. Biarpun talentamu cuma 1 dan kamu merasa orang yang paling miris di dunia ini, tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Mungkin bagi manusia itu tidak dipandang tapi bagi TUHAN dirimu berharga (Yesaya 43:4). Kalau Tuhan dapat mengubah apa yang dimiliki Musa dan anak kecil itu untuk membekati banyak orang, kenapa Tuhan juga nggak bisa pakai apa yang kamu punya? :)
-- Tuhan tidak pernah meminta lebih. Yesus mengasihimu :)

Berilah pada TUHAN karena Tuhan tidak akan pernah membuangnya, sekecil apapun itu. Mari membuat TUHAN tersenyum dengan apa saja yang kita miliki bahwa kita percaya Yesus bisa menjadikannya luar biasa :D

"The Lord is pleased with those who worship him and trust his love" Psalm 147:11

 
ROMANIZED LYRICS:
Ju nim naega yeogi-issoni na deul sseo-ju-soseo
Naui-man naui-mom juke deuli-O-ni ju-pa-deul-ob-soseo
Ju nim naega yeogi-issoni na deul sseo-ju-soseo
Gagin goel moduda juke deuli-O-ni ju-pa-deul-ob-soseo
Hallelujah~

ENGLISH TRANSLATION:
Lord I am here, please use me
My heart, my body, I give it to You. Please accept me.
Lord I am here, please send me
Everything I have I give it to You. Please receive me.
Hallelujah

semoga tulisan ini memberkatimu. Godbless †

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar